Hikmah di Balik Penundaan

Manusia...sering kali begitu terburu-buru. Mengambil suatu keputusan. Mengambil suatu kesimpulan. Sehingga ia jatuh dalam keputusasaan. Padahal...seandainya saja ia yakin, bahwa rencanaNya adalah yang terbaik dan yang terindah, dan ketika ia benar-benar menghadapi kejutan indah itu...maka ia benar-benar akan takjub pada kebesaran sang Kuasa. Sebagaimana yang kualami saat ini. Ketika sebuah penundaan menguji kesabaranku. Sehingga aku tak bisa diam dan terus bertanya. Dan bertanya. Kenapa?
Memang bukan jawaban yang kudapatkan. Memang penundaan itu tidak berujung dengan kepastian, kapan. Tapi, aku mendapatkan sebuah informasi yang bagiku cukup untuk menjelaskan, kenapa penundaan itu harus ada.
Tentulah...karena 'ada sesuatu' yang besar yang harus aku persiapkan. Demikian kurasa saat itu. Sesuatu yang jika penundaan itu tidak ada, maka...mungkin aku tak punya cukup waktu untuk mempersiapkan 'sesuatu' yang besar itu. Dan imbasnya, mungkin saja, aku akan mengalami krisis syukur, alias kekecewaan, ketidaksiapan dan kekacauan cara pandang.
Ya Rabb...Ampuni hamba, manusia yang belum memahami nikmatnya sebuah proses. Ampuni hamba yang terlalu cepat mengambil kesimpulan dan hampir berputus asa.
Ya Rabb...Terima kasih atas waktu yang Engkau berikan pada hamba, untuk hamba bermetamorfosa menjadi lebih...indah lagi.
Alhamdulillah...

Komentar

Postingan Populer