Pertemuan Terakhir

Hari ini hari apa anak-anak?
Hari terakhir kita belajar di semester satu. 
Dan hari terakhir kita belajar bersama saya.
Karena status saya hanyalah sebagai guru infal, bukan guru tetap. Selanjutnya, saya akan kembali lagi menekuni dunia laboratorium yang penuh dengan percobaan dan percobaan, sesuatu yang saya sukai, yang lebih saya sukai daripada menjadi guru di kelas. 
Amanah yang datang dari arah Timur dan Barat, menjadikan saya kurang fokus menekuni status saya sebagai guru pengganti. Walaupun sudah berusaha sekuat kemampuan, dan Alhamdulillah anak didik saya merasa sesuatu yang 'lain' dari pembelajaran yang mengoptimalkan media belajar yang ada, melakukan percobaan ini itu, yang bagi mereka sangat menyenangkan, tapi.... saya masih BELUM PUASSS!!!
Saya masih merasa belum optimal dalam memanfaatkan media belajar yang ada
Saya masih merasa belum banyak membuat inovasi media-media pembelajaran yang bisa saya buat untuk mereka
Saya masih merasa belum puas menjadi guru buat mereka!!!
Tapi, teringat waktu dan kesempatan yang sudah habis...
Maka, saya kembali sambil menyusun list evaluasi diri, mana yang kurang dan mana yang lebih dari cara mengajar saya.
Teringat apa yang dikatakan oleh seorang kawan,
"Butuh waktu satu tahun untuk belajar menjadi seorang guru, apalagi kita bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru,"
Saya hanya mengalaminya selama satu bulan lebih sedikit. Tapi itu sudah saya syukuri meski dengan beragam ketidakpuasan terhadap apa yang bisa saya lakukan. Tidak hanya mentransfer ilmu kepada mereka para generasi muda, tapi juga menyelamatkan mereka dari belenggu jaman yang penuh dengan bermacam tipuan dan permainan yang begitu mudahnya menyeret mereka ke dalam kebodohan. 

Komentar

Postingan Populer